Senin, 07 Oktober 2013

“Cerita di Balik Pembuatan Rekening Syariah”



“Cerita di Balik Pembuatan Rekening Syariah”
Pada tanggal 25 September 2013, saya membuat rekening Mandiri Syariah di Dinoyo. Sebenarnya saat pertama membuatnya agak menyebalkan, karena selain jauh dari UB, saya juga sempat nyasar dan harus bolak-balik mencari karena kurang tahu tempatnya. Saya bertanya ke seorang di sana, ternyata masih belum ketemu juga, tapi, ya sudahlah, itu sebagai cerita dan pelajaranku saja. Pada hari itu juga saya niatkan pembukaan rekening ini untuk membantu kemajuan ekonomi islam di Indonesia, khususnya lewat Bank Syariah. Semoga uang di bank itu, bisa lebih bermanfaat.
Disamping itu, dosen ekonomi islam memberikan tugas agar berdoa atau berharap sesuatu yang baik setelah pembukaan rekening akan saya dapatkan. Saat itu saya benar-benar berharap dalam dua minggu ini segera mendapatkan uang beasiswa saya yang sudah terlambat satu bulan, karena saya benar-benar membutuhkannya untuk keperluan kuliah khususnya. Namun, sayangnya setelah dua minggu ditunggu, belum juga saya menerimanya. Saya kecewa. Ya sangat kecewa. Tapi, dalam dua minggu ini juga ada hal yang membuat saya merasa lebih bersyukur. Saya sempat sakit pada saat itu, yang saya pikir akan lama sembuhnya, tetapi alhamdulillah tenyata hanya 2 hari saja saya bisa sembuh. Selain itu, saya juga mendapat kemudahan-kemudahan lain, saya sekarang bisa lebih tenang menghadapi kuliah, khususnya untuk tugas-tugas menjadi lebih mudah mengerjakannya dan kuis-kuis bisa dikerjakan dengan lancar.
Sebenarnya banyak hal-hal kecil yang terjadi selama dua minggu ini, yang saya pikir itu juga bagian dari berkah membuka rekening itu yaitu, kegiatan kepanitiaan Bakti Sosial bisa berjalan lancar, saya mendapat pinjaman uang untuk membayar kos, dan komunikasi saya dengan ibu di rumah yang sebelumnya kurang lancar, menjadi lebih lancar. Saya yang kemarin terus merasa kurang tenang dan dipusingkan karena berbagai masalah sejak memulai kuliah semester 3, sekarang menjadi merasa lebih tenang menghadapinya, meskipun masalah itu masih belum selesai. Alhamdulillah. :)
Membuka rekening syariah juga memberikan keuntungan yang lebih dibandingkan dengan rekening konvensional, diantaranya lebih tenang dengan bebas dari riba/bunga karena pembagian keuntungan dengan sistem bagi hasil, biaya administrasi dan saldo minimal yang lebih rendah, serta bisa dipakai untuk penyaluran infaq, sedekah, dan zakat. Semoga ke depannya bisa lebih bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar